Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Jitu Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google


Blog yang bagus bisa menjadi pembeda antara situs web yang sukses dan yang gagal. Dalam posting ini, kita akan berbicara tentang apa yang membuat blog menjadi bagus, bagaimana mengoptimalkannya untuk mesin pencari, dan bagaimana memublikasikan konten di situs web Anda yang akan membuat berperingkat di Google.

10 Cara Jitu Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google

1. Judul yang bagus

Judul yang baik adalah pernyataan tentang isi posting blog, dan harus singkat. Jika Anda menulis posting blog tentang "cara menurunkan berat badan", cobalah untuk tidak menggunakan kata yang sama seperti yang baru saja digunakan orang lain dalam artikel mereka tentang menurunkan berat badan

(misalnya, "membakar kalori itu"). Ini dapat menyebabkan kebingungan bagi pembaca yang mencari informasi tentang menurunkan berat badan dan terganggu oleh fakta bahwa mereka menemukan dua artikel berbeda yang membicarakan topik yang sama! 

Alih-alih menggunakan kata-kata ini berulang-ulang dalam kalimat atau paragraf, coba gunakan sinonim sebagai gantinya seperti "singkirkan pound ekstra itu" atau yang serupa sehingga tidak mengalihkan perhatian orang dari membaca 

konten Anda dengan fokus pada berapa banyak uang yang dapat mereka hemat jika mereka melakukan ini sebagai gantinya dengan cara ini tidak akan ada kebingungan antara dua topik/topik yang sama karena yang satu mungkin tampak lebih penting dari pada yang lain tergantung pada seberapa baik setiap bagian ditulis."

2. Strategi kata kunci

Penelitian kata kunci adalah langkah pertama dalam membangun strategi mesin pencari yang sukses. Sebelum Anda dapat mulai membangun blog, Anda perlu mengetahui kata kunci apa yang dicari orang di Google.

Untuk mengetahui kata kunci mana yang digunakan pembaca Anda, lakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Trends dan alat lain seperti SEM Rush atau alat Site Explorer Ahrefs. Lihat berapa banyak penelusuran per bulan 

yang dilakukan terkait dengan negara dan bahasa (misalnya, "python" vs "python programming"). Selain itu, lihat berapa banyak pencarian unik yang ada setiap bulan di semua bahasa selama periode waktu tertentu.

gambaran tentang seberapa populer istilah ini secara keseluruhan di antara pengguna di seluruh dunia serta di negara atau wilayah tertentu seperti India di mana Python lebih banyak digunakan sering dari pada bahasa Inggris itu sendiri!

3. Temukan kata kunci yang relevan

Untuk menemukan kata kunci yang relevan, Anda dapat menggunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google. Ini akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak orang yang mencari setiap kata kunci dan berapa volume pencarian bulanan mereka.

Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk melihat apakah ada tren dalam cara orang menelusuri topik tertentu dari waktu ke waktu. Jika ada peningkatan popularitas topik tertentu, kemungkinan besar orang lain juga akan melihat situs Anda!

4. Konten yang menargetkan audiens yang tepat

Langkah selanjutnya adalah menargetkan audiens yang tepat. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa aspek berbeda dari konten Anda, termasuk:

  1. Apa minat mereka?
  2. Berapa banyak waktu yang mereka habiskan di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram?
  3. Berapa banyak orang yang mengikuti mereka di Twitter atau berlangganan daftar email mereka.

Pertanyaan-pertanyaan ini membantu Anda menentukan siapa yang harus Anda targetkan dengan posting blog atau buletin Anda.

5. Perpaduan subtitle dan konten yang tepat

Ketika seseorang mendarat di blog Anda, mereka ingin tahu apa yang Anda katakan. Anda perlu memberi mereka informasi itu dengan cara yang membuatnya mudah dibaca dan mereka tidak ingin waktu mereka terbuang sia-sia karena harus membaca kalimat atau paragraf teks yang panjang. 

Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan konten subtitel di halaman: deskripsi singkat yang ditulis dengan suara menarik yang melengkapi artikel Anda lainnya (dan bukan hanya sebagai pengisi).

6. Mengoptimalkan gambar untuk SEO

Gunakan teks alternatif untuk mendeskripsikan gambar.

sumber pexels.com

Gunakan judul dan deskripsi untuk mendeskripsikan gambar.

Kata kunci dalam nama file harus digunakan sebagai teks jangkar untuk posting blog Anda sehingga muncul di halaman pertama hasil pencarian Google ketika seseorang mencari istilah itu. Misalnya, jika Anda memiliki posting tentang"Cara Menghasilkan Uang Secara Online" dengan gambar berjudul "Cara Menghasilkan Uang Secara Online", maka Anda akan menulis sesuatu seperti ini: "Cara Menghasilkan Uang Secara Online Cara Cerdas" (atau apa pun).

7. Tautan

Pastikan tautannya relevan dan jangan terlalu dioptimalkan. Mengoptimalkan posting Anda secara berlebihan dapat merusak peringkat Anda, jadi pastikan Anda hanya menautkan ke konten yang relevan di dalam posting. Hindari tautan berisi spam dengan memastikan bahwa tautan tersebut tidak manipulatif atau menipu (misalnya, menggunakan layanan pihak ketiga seperti Google Analytics).

8. Pemosisian Teks

Pemosisian teks adalah proses memutuskan bagaimana teks Anda muncul di halaman web. Anda dapat menggunakan berbagai jenis elemen untuk menempatkan, mengukur, dan menyelaraskan konten Anda.

Subpos: Gunakan subpos untuk memecah paragraf panjang menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Poin poin: Poin membantu pembaca memindai blok teks besar dengan cepat dengan memecahnya menjadi potongan yang lebih mudah dibaca dengan judul seperti "Pengantar" atau "Kesimpulan".

Tebal, miring, dan garis bawah: Gunakan jenis huruf tebal untuk kata atau frasa penting; miring untuk kata-kata yang ditekankan; dan menggarisbawahi ketika Anda ingin perhatian tertuju pada item yang penting tetapi tidak cukup menarik, untuk perawatan huruf tebal (misalnya, tautan).

9. Situs Web Ramah Seluler.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika mengembangkan situs web Anda adalah situs itu harus ramah seluler. Untuk memastikan situs Anda terlihat bagus di perangkat apa pun, Anda perlu menggunakan desain responsif dan menggunakan template atau CMS yang memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan mudah untuk ukuran layar yang berbeda.

Penting juga bahwa struktur URL berubah bergantung pada cara pengguna mengakses situs Anda dari perangkat mereka. Misalnya, jika seseorang mengunjungi dari ponselnya.

10. Jangan merusak peringkat Anda dengan blog yang tidak SEO friendly.

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa sebuah blog harus SEO friendly. Ini berarti memiliki hal-hal berikut:

  1. Judul yang bagus
  2. Konten bagus (tidak terlalu banyak, tetapi tidak terlalu sedikit)

Gambar yang relevan dengan topik blog Anda dan/atau pembaca Anda akan merasa terbantu/menarik ketika mereka melihatnya di halaman hasil pencarian Google.

Tautan yang mengarah kembali ke situs atau sumber lain di mana Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang Anda diskusikan di pos Anda (misalnya: buku, majalah, dll.). Tautan dari Media Sosial juga dapat membantu 

jika ada tautan khusus yang tersedia untuk setiap posting sehingga pembaca dapat dengan cepat membagikannya kepada teman dan pengikut mereka yang mungkin menginginkan informasi lebih lanjut tentang topik seperti ini!

harapan Anda menikmati membaca posting ini dan belajar sedikit tentang cara mengoptimalkan blog Anda untuk SEO. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk tinggalkan jejak di bagian komentar di bawah!

Posting Komentar untuk "10 Cara Jitu Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google"