Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Iklan Google Adsense yang Banyak Digunakan Saat Ini, Anda Harus Tahu!

Seiring berkembangnya teknologi, ada beberapa jenis iklan Google Adsense yang berguna untuk meningkatkan jumlah penjualan produk. Google Adsense saat ini sering digunakan untuk sarana promosi dengan peminat yang semakin meningkat setiap harinya.

Tak heran apabila banyak usaha atau brand besar yang rela menghabiskan biaya untuk berlangganan Google Adsense ini. Iklan memang menjadi cara yang paling aktif dalam mempromosikan suatu produk barang atau jasa dengan cakupan luas.


Apa Itu Google Adsense

Google Adsense merupakan salah satu jenis layanan iklan yang berbayar yang biasanya muncul di hasil pencarian Google. Menggunakan search network campaign, iklan Google Adsense akan muncul sesuai dengan pencarian yang berhubungan dengan keywords

Tujuan utama dari iklan Google Adsense yaitu untuk promosi penjualan, meningkatkan traffic website, dan leads. Ada banyak kelebihan iklan Google Search Ads yang bisa Anda ketahui, penggunaan Google Adsense juga sangat mudah untuk pemula. 

Jenis Iklan Google Adsense 

Terdapat banyak jenis Google Ads berdasarkan iklan yang dipromosikannya, Google Adsense menawarkan berbagai format sesuai dengan tujuan. Jenis iklan Google Adsense berikut ini menawarkan pelayanan yang sesuai dengan anggaran yang tersedia, yaitu sebagai berikut ini : 

1. Search Ads atau Iklan Penelusuran

Iklan ini akan muncul ketika pengguna memasukan keywords tertentu di kolom pencarian Google, kebanyakan iklan ini akan muncul di halaman pertama Google. Iklan penelusuran ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin meningkatkan traffic website atau penjualan. 

Contoh iklan Google Ads yang satu ini adalah tautan yang bisa pengunjung klik menuju ke halaman web penjualan. Saat ini Google juga menyediakan ekstensi iklan secara gratis yang berguna dalam penyediaan detail tambahan dan informasi kontak yang dapat dihubungi. 

2. Iklan Promosi Aplikasi

Iklan ini biasanya bisa Anda temui di situs partner Google, tetapi hanya muncul ketika membuka dari browser seperti Opera Mini, UC Browser, dan platform lainnya. Iklan promosi aplikasi akan memunculkan gambar atau teks untuk memperkenalkan aplikasi. 

Dalam jenis iklan Google Adsense ini biasanya juga menyediakan tombol download yang akan langsung mendownload aplikasi melalui Google Play atau App Store. Jenis iklan ini terbilang sangat efektif untuk meningkatkan angka pengunduhan di Google Play atau App Store. 

3. Iklan Video

Jenis iklan ini merupakan iklan yang berada di situs partner Google atau YouTube, dengan menampilkan keunggulan produk atau layanan dalam bentuk video. Jenis iklan berbentuk video ini dinilai lebih efektif dalam menarik perhatian dari pengguna. 

Contoh dari iklan video ini yaitu iklan video yang terdapat di YouTube yang biasanya berdurasi 8 hingga 15 detik yang bisa pengguna skip. Jenis iklan yang muncul biasanya akan relevan dengan history pencarian yang Anda masukan ke dalam pencarian Google atau YouTube. 

4. Iklan Produk (Shopping)

Iklan shopping ini biasanya akan muncul pada pencarian Google, jenis iklan ini biasanya akan menampilkan gambar produk yang diberi tautan. Sehingga pengguna bisa mengklik dan menuju ke web  penjualan produk tersebut dengan mudah. 

Cara kerja iklan produk ini yaitu dengan menjangkau para pelanggan mereka yang sering menelusuri kata kunci tertentu dalam history pencarian. Biasanya produk yang relevan dengan history pencarian akan sering muncul dalam halaman website

5. Iklan Gambar

Jenis iklan ini akan sering muncul di situs tertentu terutama partner Google atau Google Display Network. Biasanya jenis iklan ini akan memunculkan produk atau layanan secara visual yang bisa menarik perhatian pengguna untuk membelinya. 

Iklan gambar akan lebih sering menjangkau pelanggan yang ada di situs web yang berpartner  dengan Google. Untuk ukuran gambar iklan yang terpasang akan berbeda dan bergantung pada jneis dan di mana iklan tersebut dipasang.

Google Adsense memang menjadi salah satu alternatif bagi para pelaku usaha yang sedang berencana untuk mempromosikan produknya. Jenis iklan Google ini cenderung akan menguntungkan pengguna karena sesuai dengan budget, selera, dan target marketing.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Iklan Google Adsense yang Banyak Digunakan Saat Ini, Anda Harus Tahu!"