Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Blogger? Berikut Penjelasan dan Alasan Anda Harus Memulainya

Media sosial merupakan salah satu platform yang kini terbuka untuk banyak orang ketika orang terhubung dengan internet, termasuk blog. Jadi, apa itu blogger?Mengapa banyak orang ingin membangun blog?

Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dari hidupnya dengan menulis artikel yang kemudian diposting di blognya. Posting blog ini dapat mencakup berbagai topik mulai dari seni, desain, olahraga, politik, kesehatan, dan lainnya.




Apa Itu Blogger?

Informasi pada blog tidak perlu berada di satu tempat karena sifatnya berbasis internet. Selama ada jaringan internet dan perangkatnya, mereka bisa berkreasi menyampaikan pemikirannya. Lantas apa itu blogger web dan perbedaannya dengan situs web?

Situs web mungkin memiliki informasi baru, tetapi sebagian besar menawarkan informasi statis yang jarang berubah. Apa itu blogger? Blog cenderung update konten hampir setiap hari. Seperti blog resep makanan, blog cara bisnis online, blog parenting, dll.

Apa itu blogger dan fungsinya? Blog dan situs web memiliki tujuan yang sama untuk menghubungkan pemirsa dan pembuat konten. Beberapa situs web juga menyertakan fitur obrolan, tetapi blog memungkinkan lebih banyak interaksi daripada situs web tradisional.
Mengenal Jenis-Jenis Blog

Ada banyak jenis blog yang dapat Anda temui di internet. Seperti blog pribadi yang dikelola oleh individu untuk berbagi seputar kehidupan. Blog multimedia yang lebih menonjolkan unsur gambar, video, maupun animasi daripada teks. Jenis-jenis blogger adalah sebagai berikut.


1. Blog Pribadi

Jenis blog ini lebih fokus pada blogger itu sendiri, bukan audiens. Personal blogger biasanya membuat blog menjadi jurnal atau dokumenter tentang kehidupan, minat, atau hobi mereka. Tujuannya untuk berbagi cerita pribadi blogger. Blog jenis ini umumnya tidak hanya membahas satu topik saja. Blogger dapat mengunggah berbagai topik sesuai dengan minat.

2. Blog Niche

Jenis blog selanjutnya adalah blog niche. Tipe ini sebenarnya membahas topik tertentu, biasanya terkait dengan minat, keterampilan, dan pengetahuan blogger. Misalnya, jika Anda suka membaca buku, Anda dapat membicarakan segala hal tentang buku.

3. Blog Multimedia

Dari segi tampilan dan format, jenis blog ini seperti blog pada umumnya, namun konten yang dipublikasikan termasuk jenis multimedia. Jadi, prioritas posting bukanlah menulis. Blog multimedia memuat klip video atau podcast, inforgrafis, dan karikatur, animasi, dsb.

4. Blog Berita

Berdasarkan jenisnya, konten dalam jenis blog ini berfokus pada peristiwa nyata, serta informasi terbaru yang dirilis di industri tertentu. Tidak seperti blog lain, blogger berita adalah blog informasi news yang tidak berisi opini atau konten pribadi.

5. Blog Perusahaan atau Bisnis

Jenis blog bisnis memang cenderung dikelola oleh perusahaan. Beberapa perusahaan menggunakan website untuk berpartisipasi dalam dunia blogging dengan membuat blog. Tujuan utamanya adalah untuk menarik target pasar dengan memposting konten bisnis.

Perusahaan membuat blog guna menjembatani antara perusahaan dengan pelanggan untuk memberikan info terkait arah kerja perusahaan. Salah satu contoh blog jenis ini adalah Mailchimp, yang memberikan tips dan materi pemasaran menggunakan software digital marketing.

Informasi mengenai apa itu blogger sudah cukup jelas, bukan? Lantas apakah Anda ingin berkecimpung di dunia blog juga? Terlebih dahulu tentukan minat Anda, maka Anda akan dengan mudah mengelola blog sesuai dengan jenis-jenis blog yang telah dipaparkan di atas.

sumber referensi: merdeka.com, hostinger.co.id

Posting Komentar untuk "Apa Itu Blogger? Berikut Penjelasan dan Alasan Anda Harus Memulainya"