Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang, Mudah dan Lengkap!

Bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang? Banyak orang khususnya pemula, bertanya-tanya tentang hal ini. Tentu tidak mudah membuat blog yang menarik dan diminati pembaca.

Blog merupakan salah satu bentuk website yang memuat tulisan beragam topik. Umumnya ialah jenis konten ringan berdasarkan pengalaman pribadi, cerita, hingga review produk. Ketika memutuskan menjadi blogger artinya Anda dituntut lebih disiplin, kreatif, dan konsisten.




Ini Dia Cara Tepat Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Berbeda dengan website, blog mempunyai kategori yang jelas serta kolom komentar yang memungkinkan pembaca dan pemilik blog berinteraksi dua arah. Sebenarnya bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang ?

1. Pilih Niche Blog

Sebelum memutuskan untuk membuat blog, Anda harus menentukan niche yang cocok terlebih dahulu. Secara umum, niche bisa disebut juga topik blog. Umumnya, orang akan mengisi blognya dengan topik yang dikuasai atau diminati sesuai latar belakang masing-masing.

2. Membuat Rancangan Konten

Setelah memiliki blog, Anda harus lebih disiplin dan konsisten. Jangan sampai blog menganggur atau justru tidak diperbaharui. Karena itu, buatlah rancangan konten lebih dulu, selanjutnya baru menulis artikelnya, dan jadwalkan penayangan rutin.
 
3. Belajar Cara Optimasi

Tidak mudah menjadikan blog populer dalam waktu singkat. Pelajari cara optimasi blog dan segala hal yang berkaitan dengan dunia blogging. Penting pula mempunyai strategi guna mengembangkan blog.

Caranya ialah dengan melakukan riset audiens, menentukan tujuan membuat blog, hingga mencari tahu kata kunci potensial.

4. Belajar Teknik Penulisan

Teknik menulis artikel untuk blog agak berbeda dengan artikel di media cetak. Hal ini dikarenakan tulisan yang Anda buat harus bisa bersaing untuk meraih posisi teratas di mesin pencari. Anda pun perlu belajar menulis artikel SEO (search engine optimization).

Teknik semacam ini sangat ramah terhadap mesin pencari sekaligus enak dibaca sehingga tulisan selalu bisa berada di posisi puncak.

5. Membeli Domain

Domain ialah alamat website atau blog Anda yang dapat diakses secara online. Contoh domain yaitu .com, .co.id, .my.id, .net, .org, dan masih banyak lagi. Jika Anda serius ingin mendapatkan penghasilan dari blog, gunakanlah blog TLD (Top Level Domain). Rekomendasi jasa domain Hosting No.1 untuk Website Impianmu

Hindari nama blog yang masih menggunakan subdomain, misalnya, baba.blogspot.co.id. Blog TLD selain tampak lebih profesional, juga merupakan sarana untuk membangun personal branding serta portofolio online dengan cepat.

6. Promosikan Blog Anda

Cara membuat blog yang menghasilkan uang berikutnya ialah mempromosikan blog Anda. Teruslah membuat konten atau postingan secara rutin dan terjadwal. Selanjutnya, promosikan tulisan tersebut melalui berbagai media sosial guna menarik lebih banyak pembaca.

7. Mulai Memasang Iklan

Sebagai blogger Anda juga harus update informasi tentang bagaimana meningkatkan kualitas dan trafik blog hingga cara mendapatkan uang dari blog. Beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain memasang iklan, menjual produk serta layanan, mengikuti program afiliasi, sponsor post, dan sebagainya.
 
8. Mengubah Blog Jadi Portofolio Online

Selain sebagai sarana membangun personal branding, blog juga bisa menjadi portofolio online. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara membuat blog yang menarik sehingga diminati pembaca sasaran. Ini juga dapat menjadi bekal Anda tatkala hendak melamar pekerjaan penulisan.

Cara membuat blog yang menghasilkan uang dapat dimulai dengan rancangan yang matang. Rencanakan semuanya termasuk niche dan jangan lupa untuk membuat artikel secara rutin. Jika belum memiliki laptop, Anda tetap bisa membangun blog dengan mempelajari cara membuat blog di HP.

Konsisten ialah kunci blog bisa berkembang dan menghasilkan. Maka siapkan diri sebelum menjadi blogger. Jangan sampai blog Anda tidak terawat nantinya.


Sumber referensi: hostinger, liputan6, (photos pexels)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang, Mudah dan Lengkap!"